History

Perkemahan Pathfinder se-Indonesia I "Power of One"

Dilaksanakan di Bumi Perkemahan Nyaru Menteng, Palangkaraya, Kalimantan Barat pada 26 Juni – 1 Juli 2012. Merupakan Perkemahan Pathfinder se-Indonesia yang pertama dan telah diikuti oleh 17 Kontingen dengan total peserta tercatat 2,488 orang.

Telah dihadiri pula oleh pemerintah daerah setempat serta kehadiran Pdt. Hiskia Missah, Associate Director Youth Ministry General Conference serta Pdt. Jobbie Jabut, Youth Director Divisi Asia Pasifik Selatan, Pdt. David Panjaitan (Direktur Pelayanan Pemuda Advent Uni Indonesia Kawasan Barat) dan Pdt. Stephen Salainti (Direktur Pelayanan Pemuda Advent Uni Konferens Indonesia Kawasan Timur).

Perkemahan Pathfinder se-Indonesia II "Winner"

Selanjutnya Perkemahan Pathfinder se-Indonesia yang ke-II telah dilaksanakan di Kampus Universitas Klabat, Airmadidi, Minahasa Utara pada 3 – 8 Juli 2018.

Perkemahan yang telah dibuka Menpora Imam Nahrawi ini telah diikuti oleh kurang lebih 4,500 peserta dari 21 Kondawil di 33 Provinsi se-Indonesia juga dihadiri oleh Pdt. Jobbie Jabut, Youth Director Divisi Asia Pasifik Selatan, Pdt. Ronny Wenas (Direktur Pelayanan Pemuda Advent Uni Indonesia Kawasan Barat) dan Pdt. Didi Muntu (Direktur Pelayanan Pemuda Advent Uni Konferes Indonesia Kawasan Timur) selaku Panitia Pelaksana.

Niscala Camporee 2023

Latar Belakang

Dunia yang semakin dinamis dan modern membutuhkan anak-anak muda yang tidak saja cerdas, kreatif tapi juga memiliki semangat kepemimpinan dan pelayanan yang baik. Apa gunanya jika seorang muda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luar biasa namun tidak mempunyai akhlak dan tingkat keimanan yang mampu untuk menyelamatkan jiwanya dalam kehidupannya

Tujuan

3rd Indonesia Pathfinder Camporee (“3IPAC”) dirancang untuk memberikan kesempatan bagi seluruh anak-anak, remaja, dan orang-orang muda di lingkungan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh untuk bersama-sama berkegiatan dan mempelajari hal-hal baru terkait dengan pegembangan fisik, mental, dan kerohanian. Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di 3IPAC meliputi aktifitas ibadah dan pelatihan kerohanian, kunjungan pendidikan ke obyek wisata yang ada di Kota Jakarta dan sekitarnya (termasuk museum dan lokasi-lokasi lainnya) serta pelatihan fisik dan kepemimpinan dalam bentuk aktifitas perkemahan yang juga bertujuan untuk menumbuhkan kedisiplinan diri, kemandirian, peduli akan sesama, dan kecintaan akan tanah air, Indonesia

Tema 3IPAC, Logo, Lagu Tema

Tema 3rd Indonesia Pathfinder Camporee adalah “Niscala” merupakan serapan dari Bahasa Sansekerta yang berarti kokoh.

Logo Niscala

Tokoh Alkitab yang dipilih untuk merepresentasikan tema 3IPAC Niscala adalah Rasul Paulus.

Maskot

Sementara itu maskot 3IPAC Niscala adalah Badak Jawa, fauna langka yang terdapat di Banten, saat ini termasuk satwa dilindungi oleh Pemerintah Indonesia. Di 3IPAC Niscala, maskot ini dinamai “Badi.”

mascot-1-c7c23431

Lagu Tema

Lagu Tema 3IPAC Niscala adalah “Wrecked Ship.” Lagu ini dibuat khusus berdasarkan pengalaman Rasul Paulus mengalami beberapa tantangan dan cobaan di dalam hidupnya namun ia tetap kuat dan kokoh menghadapinya dengan iman dan kepercayaannya kepada Tuhan.

He’s a man of God but wanted as a prisoner
He agreed to sail though may choose to disappear
But the strong wind and the big storms are onto their call
And the captain lost his control the ship hit the rock and start to fall

Bridge:
It’s broken down and all are feared
At time he stood and shouted:
“Stay strong, as no one will lose lives here!”

Reff:
When everything you hold had went away
You fight to live and hopes are gone
Cry and scream but keep on sinking
Seems your prayers are not helping
The only way to survive is surrender
Give it all to God and let Him decide
Faith finally comes from the wrecked ship

From held a sword to be a solid faithful guard of God
Facing judges in one and another court
When try to guilty him, he’s calm and strong like a rhinos
Though he knew it may come his time of difficult and woes

Bridge:
It’s a magic words had said the king
In which he is replying,
“I almost be Christian caused of you!”

Reff:
When everything you hold had went away
You fight to live and hopes are gone
Cry and scream but keep on sinking
Seems your prayers are not helping
The only way to survive is surrender
Give it all to God and let Him decide

Reff
Faith finally comes from the wrecked ship
Faith finally comes from the wrecked ship